Jumat, 25 Januari 2013

penyakit chikungunya

Apa Itu Penyakit Chikungunya?

08-11-2012 diposkan oleh melindacare

Apa Itu Penyakit Chikungunya?
   Musim hujan telah tiba, tentu para ibu harus waspada dengan penyakit yang akan meyerang keluarga, terutama buah hati. Salah satu penyakit yang dapat menyerang saat musim hujan adalah chikungunya, yang menyerang beberapa wilayah Indonesia.
Chikungunya berasal dari bahasa Swahili yang berarti posisi tubuh yang meliuk atau melengkung. Biasanya gejala yang ditimbulkan adalah demam mendadak mencapai 39 derajat celcius, disertai rasa nyeri pada persendian lutut, pergelangan, jari kaki dan tangan, sakit kepala, kurang nafsu makan, serta tulang belakang. Selain itu, juga terdapat ruam-ruam atau bintik merah pada kulit.
Penyebab chikungunya ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti. Nyamuk yang sama dengan penyakit demam berdarah, namun bagian yang digigit berbeda. Penyebarannya pun sama namun pada penyakit chikungunya, nyamuk aedes aegypty menggit orang yang sakit kemudian menggigit kembali orang lain. Penyakin ini sangat mudah menular, namun tidak menyebabkan kematian.
Belum ada pengobatan khusus untuk penyakit chikungunya ini, selain mengkonsumsi obat untuk penyakit yang diderita. Namun, pencegahnnya sama halnya dengan penyakit demam berdarah yaitu :
  • Menjaga kebersihan rumah yang dapat menjadi sarang nyamuk, misalnya pakaian yang menggantung atau tempat yang lembab dan gelap.
  • Laksanakan 3M, yaitu menutup tempat penampungan air, menguras tempat penampungan air, dan mengubur barang-barang bekas.
  • Menanam tanaman yang tidak disukai oleh nyamuk seperti lavender, geranium atau lainnya.
  • Menggunakan kelambu pada tempat tidur.
   Mencegah lebih baik daripada mengobati, begitulah kata pepatah. Untuk itu sebelum Anda terkena penyakit saat musim hujan seperti chikungunya, mulailah cegah penyakit tersebut agar tidak menyerang keluarga dan tetangga. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar