Jumat, 25 Januari 2013

penyakit sinusitis

SINUSITIS adalah peradangan yang terjadi di rongga sinus. Sinusitis banyak dialami oleh penderita hay fever atau pilek menahun karena alergi terhadap debu dan sari bunga. Sinusitis juga dapat disebabkan oleh bahan-bahan iritan yang terdapat dalam semprotan hidung serta bahan bahan kimia lainnya.

Sinusitis dapat dibagi menjadi dua tipe besar, yaitu berdasarkan lamanya penyakit (akut, subakut, khronis) dan berdasarkan jenis peradangan yang terjadi (infeksi dan noninfeksi). Disebut sinusitis akut apabila lamanya penyakit kurang dari 30 hari. Sinusitis subakut bila lamanya penyakit antara satu bulan sampai tiga bulan.

Dan disebut sinusitis khronis apabila penyakit diderita lebih dari tiga bulan. Sinusitis infeksi biasanya disebabkan oleh virus walaupun di beberapa kasus ada pula yang disebabkan oleh bakteri. Kemudian, sinusitis noninfeksi sebagian besar disebabkan oleh alergi dan iritasi bahan-bahan kimia. Sementara sinusitis subakut dan khronis, biasanya merupakan lanjutan dari sinusitis akut yang tidak mendapatkan pengobatan adekuat.

Gejala menderita sinusitis yang paling umum adalah sakit kepala, nyeri di wajah, serta demam. Hampir 25 persen pasien sinusitis akan mengalami demam terkait sinusitis yang diderita. Gejala lainnya berupa wajah pucat, perubahan warna pada ingus, hidung tersumbat, nyeri menelan, dan batuk. Beberapa pasien akan merasakan sakit bertambah hebat apabila kepala ditundukan ke depan.

Untuk sinusitis yang disebabkan oleh virus, tidak diperlukan pemberian antibiotika. Obat yang biasa diberikan untuk sinusitis virus adalah penghilang rasa nyeri seperti parasetamol dan dekongestan. Sinusitis infeksi bakteri umumnya diobati menggunakan antibiotika. Pemilihan antibiotika berdasarkan jenis bakteri yang paling sering menyerang sinus harus hati-hati. Beberapa pilihan antiobiotika yang bisa dikonsumsi antara lain amoxicillin, cefaclor, azithromycin, dan cotrimoxazole.

Sebelum melakukan tindakan, Anda sebaiknya konsultasi ke dokter terdekat untuk menangani keluhan yang dialami.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar